Candi Prambanan

Candi Prambanan
Gambar Candi

Selasa, 23 Maret 2010

Deskripsi Bangunan Candi Prambanan

Candi Prambanan terdiri atas tiga latar yaitu: latar bawah, latar tengah dan latar pusat. Latar-latar tersebut makin kearah dalam makin tinggi letaknya. Latar bawah, tengah dan pusat masing-masing mempunyai empat pintu gerbang. Pada latar pusat dan tengah pintu gerbang terletak tepat ditengah-tengah tembok masing-masing, sedangkan pada latar bawah pintu gerbangnya tidak terletak ditengah-tengah, tapi dihadapkan sejurus dengan masing-masing pintu gerbang dari latar atas dan tengah.
Latar tengah terletak didalam latar bawah, dengan letaknya yang lebih tinggi dari latar bawah. Menurut sejarahnya latar tengah dikelilingi tembok batu tetapi tembok tersebut tidak sejajar dengan tembok latar bawah. Latar tengah berbentuk segi empat dan mempunyai luas 222 meter persegi. Pada latar tengah merupakan empat dataran yang meningkat keatas. Pada latar tengah terdapat reruntuhan candi Perwara. Candi-candi Perwara apabila seluruhnya selesai dipugar maka akan terdapat 224 buah candi Perwara, tetapi saat ini candi-candi Perwara yang telah dipugar baru beberapa sedangkan lainnya masih tinggal reruntuhan. Candi perwara tersebut terbagi dalam empat tingkatan. Tingkatan pertama terdapat 68 buah candi Perwara. Pada tingkatan kedua dari bawah terdapat 60 buah. Tingkatan ketiga terdapat 52 buah sedangkan pada tingkatan keempat atau paling atas terdapat 44 buah candi Perwara. Candi-candi Perwara tersebut mempunyai ukuran yang semuanya sama, masing-masing yaitu luas dasar 6 meter persegi dan tingginya 14 meter.
Latar pusat terletak didalam latar tengah dengan letak yang lebih tinggi dari pada latar tengah. Latar pusat mempunyai bentuk persegi empat dan dikelilingi tembok yang sejajar dengan latar tengah. Latar pusat mempunyai luas 110 meter persegi. Pada saat ini latar atas sudah dibangun.
Di dalam latar pusat ini terdapat 16 buah candi besar dan candi kecil. Candi-candi utama terdiri atas dua deret yang saling berhadapan. Deret timur terdiri dari candi Nandi, candi Angsa dan candi Garuda. Deretan candi ini kesemuanya menghadap ke arah barat. Candi Nandi yang berada ditengah mempunyai luas dasar 15 meter persegi dan tinggi 25 meter. Sedangkan candi Angsa dan Garuda mempunyai luas dasar 13 meter persegi dan tinggi 22 meter. Sedangkan deret barat yaitu candi Siwa (Rara Jonggrang), candi Wisnu dan candi Brahma. Deretan candi ini semuanya menghadap ketimur dan semuanya lebih besar daripada candi-candi dalam deretan timut. Candi yang berada ditengah yaitu candi Rara Jonggrang merupakan candi tertinggi dengan luas dasar 34 meter persegi dan mempunyai ketinggian 47 meter. Sadangkan candi yang berada disampingnya mempunyai luas dasar 20 meter persegi dan ketinggian 23 meter. Pada ujung lorong yang memisahkan kedua deret candi utama tersebut terdapat sepasang candi Apit. Candi Apit terletak disebelah utara dan sebelah selatan candi-candi utama. Candi apit mempunyai luas dasar enam meter persegi dan ketinggian 16 meter. Dalam latar pusat selain delapan candi tersebut masih ada delapan candi lainnya yang mempunyai ukuran yang lebih kecil. Empat candi diantaranya merupakan candi Kelir dan empat candi lainya merupakan candi Sudut. Candi Kelir terdapat pada empat tempat setelah tangga menuju latar pusat, sedangkan candi Sudut terletak pada tiap-tiap sudut latar pusat. Candi kelir dan candi sudut mempunyai luas dasar 1,55 meter persegi dan ketinggian 4,10 meter. Secara keseluruhan komplek candi Prambanan ini terdiri atas 240 buah candi. Adapun denah dari komplek candi Prambanan ini dapat digambarkan seperti pada Gambar 3.2. Gambar 3.2 Denah komplek candi Prambanan.

1 komentar: